Tata Cara Makan Bersama Keluarga di Korea Selatan

Alakorsel ~ Korea Selatan adalah negara yang panuh dengan budaya dan tata krama. Disana segala sesuatu yang telah diatur oleh pendahulunya yang menjadi budaya sekarang tidak akan dilupakan dan ditinggalkan beitu saja.

Termasuk cara makan bersama keluarga. Tata cara makan orang korea selatan berbeda dengan cara makan yang ada di indonesia. Sedangkan, di negara asia timur seperti jepang, korea selatan, cina, taiwan hampir mempunyai persamaan tentang tata cara makan.

Budaya tentang aturan atau tata cara makan bersama keluarga ini bertahan hingga sekarang. Bahkan menjadi salah satu keunikan yang bisa kita temui jika berkunjung ke Korea Selatan.

Berikut ini adalah tata cara makan bersama keluarga di Korea Selatan :

Orang yang paling tua makan terlebih dahulu
Jika di dalam satu keluarga terdapat ayah, ibu dan anak maka seorang ayah harus makan terlebih dahulu di bandingkan dengan anggota lain minimal satu suapan. Setelah ayah sudah mengambil dan makan maka selanjutnya ibu atau anak boleh mengikutinya. Jika ada yang lebih tua dari ayah misalnya kakek atau paman maka sang ayah harus menunggu yang lebih tua makan terlebih dahulu. Ketika akan makan biasanya sang anak selalu mengucapkan jalmoggessemnida “잘 먹겠습니다”  dengan arti saya akan makan dengan baik dan selesai makan mengucapkan jalmeogeossseumnida “잘먹었습니다” dengan arti terima kasih atas hidangannya.

Sendok atau sumpit tidak boleh di pegang dengan satu tangan.
Beberapa negara di kawasan Asia TImur lainnya menganggap hal kurang sopan. Akan tetapi di Korea Selatan yang menganggap bahwa hal ini sopan atau wajar. Ketika seorang selesai menggunakan sumpit nasi di tangan kanan dan ingin makan sup dengan sendok maka tidak perlu sumpit di letakkan di atas nasi tetapi bersamaan dengan sendok, setelah selesai maka sendok yang di letakkan di atas sup.

Mangkuk nasi atau sup tidak boleh di pegang dengan satu tangan saat makan.
Di Korea Selatan, nasi dan sup biasanya di pisah dengan dua tempat yang berbeda dan tidak di campur seperti yang ada di indonesia, jika ingin makan sup maka nasi di letakkan di meja lalu mengambil sup.

Jangan bersuara saat makan.
Sama dengan tata cara makan di indonesia bahwa ketika makan di larang bersuara atau berbincang kecuali jika di dahului oleh orang yang lebih tua.

Seseorang yang muda harus memalingkan kepala saat minum anggur atau soju dan mekju di depan orang yang lebih tua.
Ketika minum anggur atau soju dan mekju maka wajib bagi kaum muda untuk memalingkan kepala kepada orang yang lebih tua. Jika di minta untuk menuangkan anggur ke orang yang lebih tua maka tangan kanan memegang botol dan tangan kiri harus memegang tangan kanan.

Hidangan yang di sajikan lebih dari 4 macam
Biasanya hidangan makanan orang Korea Selatan minimal 4 macam terdiri dari nasi, sup, lauk (daging, ikan, telur), campuran beberapa sayuran dan kimchi (wajib).

Baca juga : Gaya Rambut Lee Min ho dalam Serial Drama Korea


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon