Inilah Transportasi Umum Keren di Korea Selatan

Alakorsel ~ Transportasi umum menjadi hal yang wajib dimiliki kota - kota besar di Dunia untuk menunjang kegiatan warganya. Karena salah satu ciri negara maju adalah tersedianya transportasi umum di beberapa kota besar di suatu negara. 

Transportasi umum menjadi tumpuan utama untuk menggerakkan manusia dari satu tempat ke tempat lain dan juga transportasi umum dapat menggerakkan ekonomi suatu tempat menjadi berkembang. Contoh kota dengan transportasi umum yang baik adalah tokyo(jepang), london(inggris), seoul(korea selatan) dan masih banyak negara di dunia ini yang sedang membangun transportasi umum secara besar-besaran  seperti di cina.

Ada beberapa jenis transportasi umum yang unik, menarik, dan canggih di korea selatan seperti yang dikutip dari exaranda.com

1. Kereta (기차) “gica”
Ada kereta super cepat yang sangat terkenal di korea selatan dengan nama KTX. Dengan KTX anda dapat menghemat waktu karena KTX mempunyai kecepatan tinggi dan tanpa getaran sedikit pun di dalam kereta. Tarif KTX sangat mahal paling murah sekitar 80000 won untuk sekali perjalanan.

2. Subway (kereta bawah tanah) (지하철) “jihacol ” dan stasiun (역) “yok ”
Subway di korea selatan merupakan jenis transportasi umum yang paling banyak memuat penumpang di banding transportasi umum lain seperti bus atau taksi. Di korea selatan terdapat enam subway yang juga merupakan enam kota metropolitan di korea selatan. Di antaranya subway seoul, busan, inchon, daegu, daejon dan daenggu. Subway seoul merupakan subway terpanjang di korea selatan. Tarif naik subway sendiri sangat murah yaitu 1300 won untuk satu jalur dan 1500 won untuk yang berpindah jalur.

3. Bus (버스) “bose”
Di seluruh kota di korea selatan layanan bus tersedia baik di dalam kota atau dar satu kota ke kota lain. Untuk di dalam kota anda hanya tinggal menunggu di halte yang di sediakan. Penunjang transportasi umum seperti terminal hampir di seluruh kota sampai tingkat kecamatan tersedia. Di banding di indonesia terminal hanya sampai di tingkat kabupaten. Untuk layanan bus tidak bisa beroperasi 24 jam (dalam kota). Tarif bus dalam kota sekitar paling murah 1200 won atau Rp12000 karena tiap kota mempunyai tarif yang berbeda. Bus menjadi favorit warga untuk transportasi umum karena biaya yang di keluarkan sangat murah.

4. Taksi (택시) “teksi “
Sama dengan di indonesia layanan taksi di korea beroperasi 24 jam, jadi jangan khawatir ketika anda pulang di malam hari dan tidak sabar untuk antri bus. Tarif taksi di korea selatan tidak semahal di kota london atau kota besar yang ada di dunia, sekali anda buka pintu maka anda akan kena tarif sekitar 2400 won atau Rp 24000.
Dan besaran biaya tergantung jarak tempuh taksi. Taksi di korea selatan hanya menggunakan dua merek mobil yaitu hyundai dan kia.


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon