Sistem Pendidikan di Negeri Gingseng Korea Selatan

Sistem pendidikan Korea Selatan
Alakorsel ~ Sebnenarnya, sistem pendidikan di korea selatan tidak berbeda jauh dengan di indonesia. Di Korea Selatan, total masa pendidikan kurang lebih 16 tahun di mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Bahkan sistem pendidikan di korea selatan merupakan salah satu yang terbaik di asia selain jepang, taiwan, singapura dan di akui di tingkat dunia.

Perbedaan nya sekarang hanya kualitas pendidikan di korea selatan jauh lebih maju di bandingkan di indonesia. Sekolah dalam bahasa korea di sebut hakgyo “학교“, siswa di sebut hakseng “학생” dan mahasiswa di sebut dehakseng “대학생”.

Sistem pendidikan di korea selatan 


Sekolah dasar di sebut codeng hakgyo “초등학교” selama 6 tahun

Pendidikan SD dimulai dari kelas satu sampai kelas enam jika tidak ada hal yang khusus setiap tahun bisa naik kelas. Jenis sekolah dasar juga dibagi 2 yaitu pemerintah dan swasta. Masa pendidikanya sama perbedaannya hanya pada program khusus dan pada sekolah swasta harus membayar uang sekolah. Di Korea wajib belajar adalah sampai SMP dan itu tidak dipungut biaya, hingga tingkat SMU biaya sekolah menjadi tangung jawab individu.

Sekolah menengah di sebut cung hakgyo “중학교” selama 3 tahun

Disetiap kelas untuk SMP memiliki seorang wali kelas yang akan memperhatikan kehidupan dan mengarahkan siswanya, dan untuk masing-masing pelajaran memiliki tenaga pengajar yang berbeda-beda.

Mata pelajaran mereka terdiri dari bahasa korea, moral, sosial moral, matematika, ilmu science, olah raga, musik, kesenian, keterampilan, bahasa inggris . Dalam tiap semester ada 2 kali ujian evaluasi, yang hasilnya akan dikirim ke rumah masing-masing. Menginjak di kelas 3, nilai dan kemampuan siswa akan dipertimbangkan untuk melanjutkan ke SMU, pada saat ini wali kelas akan memberi saran dan petunjuk untuk mereka melanjutkan ke SMU.

Sekolah atas di sebut godeng hakgyo “고등학교” selama 3 tahun

Untuk pendidikan di SMU ini terdiri dari 3 bagian yaitu Sekolah Mengengah Umum, Sekolah Menengah Ekonomi dan Sekolah Mengengah Khusus. Secara umum Sekolah Menengah Umum mempelajari mata pelajaran yang diperlukan untuk masuk perguruan tinggi.

Sekolah Menengah Ekonomi mata pelajaran yang diberikan adalah mata pelajaran yang dibutuhkan untuk masuk kerja. Sekolah Menengah Khusus adalah sekolah yang memberikan keterampilan khusus seperti bidang scince atau bahasa asing, olah raga dan lain-lain. Siswa jika lulus SMU bisa bekerja atau masuk perguruan tinggi.

(Baca juga : 7 Fakta Unik Sekolah di Korea Selatan)

Universitas di sebut dehakgyo “대학교“ selama 4 tahun, 1 tahun terdiri dari 2 semester

Perguruan Tinggi di Korea terbagi 2 yaitu, masa pendidikan 4 tahun dan 2 tahun, sebagian besar mempelajari dasar-dasar kejuruan tentang mata kuliah keahlian, berbeda dengan masa pendidikan 4 tahun yang mempelajari ilmu secara keilmuan.

Seseuai dengan dasar tuhuan Universitas terbagi menjadi Universitas Umum, Universitas Kejuruan, dan Universitas Khusus. Universitas Kejuruan contohnya pendidikan, komunikasi, pembukuan, teknik. Universitas Khusus meliputi perpajakan, kepolisian dan akademi militer. Saat akan masuk Universitas secara umum ditentukan nilai SMU dan setiap tahun mengikuti ujian kemampuan dan bakat. Walaupun mereka dapat masuk ke Universitas dengan ke 2 nilai tersebut cara pemilihan siswa sedikit berbeda di setiap Universitas karena di setiap Universitas mempunyai syarat-syarat tertentu. Jika orang tuannya asing bisa mengikuti ujian saringan khusus pelajar asing.
(informasi dikutip dari kanataintan-san.blogspot.co.id)

(Baca juga : 10 Universitas Terkenal di Korea Selatan)

Beberapa faktor sistem pendidikan di korea selatan maju :


banyak fasilitas pendukung  akedemik maupun non akademik dari sekolah dasar sampai sekolah atas, khusus universitas banyak di lakukan riset dan dana riset selalu tersedia
gaji pengajar yang tinggi baik di tingkat sekolah dasar sampai dosen
ajaran konfusius dalam sistem pendidikan di korea selatan. Para siswa dari sekolah dasar sudah di ajarkan betapa berharganya suatu pendidikan. Mereka di tuntut untuk rajin belajar dan bekerja keras jika ingin sukses dalam dunia pendidikan.

Untuk masuk ke universitas di korea selatan sangat tidak mudah. Mereka harus bersaing hanya untuk mendapatkan satu tempat di sebuah universitas, apalagi jika universitas itu merupakan universitas terbaik di korea selatan bahkan di kawasan asia seperti universitas seoul. Jika mereka gagal maka harus mengulang ujian di tahun depan. Di indonesia jika tidak di terima di PTN melalui ujian masuk maka masih banyak pilihan PTS yang tersedia tidak perlu repot-repot ujian selama pendaftaran masih di buka maka peluang di terima dan menjadi mahasiswa sangat terbuka.


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon