10 Universitas Terkenal di Korea Selatan ( Bag. 1 )

Alakorsel ~ Korea Selatan Merupakan Negara yang terkenal dengan budaya dan selebritasnya. Namun jangan anggap remeh pendidikan di Negeri Gingsen ini. Banyak Univesitas terkenal yang terdapat di Korea Selatan.

Banyak Universitas di Korea Selatan yang Menduduki peringkat Atas di Peringkat Universitas se Asia bahkan di dunia. Banyak dari Universitas tersebut juga menghasilkan teknologi yang luar biasa yang bisa di aplikasikan di Korea Selatan. Mau tahu Universitas Apa yang Sangat terkenal di Korea Selatan ?

1. Seoul National university

The Truth Is My Life‘, kata – kata tersebut tidak akan asing lagi jika kita telah memasuki gerbang Seoul National University. Karena kata – kata tersebut sengaja ditanamkan kepada para mahasiswanya sebagai alat buat memotivasi diri meraih pendidikan yang berkualitas.

Hal ini sejalan dengan prinsip budaya mereka yakni ‘Knowledge is power’, pengetahuan memiliki kekuatan besar untuk merubah dunia. Senjata utama yang digunakan dalam metode pendidikannya adalah Comprehensive Research, yaitu dengan mempelajari seluruh aspek kemudian membuat solusinya. Sebanyak 460 mata kuliah disini diajarkan dengan bahasa Inggris.

Hal inilah yang membuat mahasiswa luar negeri berlomba – lomba untuk dapat mengenyam pendidikan dikampus terbaik se- Korea ini. Adapun program studi yang ada disini antara lain seperti Agriculture, Anthropology, Art, Biology, Business, Management, Politics, Medicine, Humanties, Psychology, Health-sciences, Technology, dan Mathematics.

2. KAIST

KAIST merupakan singkatan dari Korea Advance Institute of Science and Technology, merupakan kampus pertama dan terbaik dalam hal technology research di Korea. Kampus yang didirikan pada tahun 1970 ini mempunya misi untuk menaikkan kualitas science andtechnology agar ekonomi negaranya juga naik. KAIST sendiri sudah menjadi gerbang untuk belajar science dan teknologi sejak 4 dekade yang lalu.

Lulusannya juga tak main – main, perusahaan – perusahaan berlevel world-class pun berlomba – lomba mendapatkan alumni kampus ini. Program studi yang ada di KAIST antara lain seperti Business, Management, Computer Science, IT, Education, Modern Language, Mathematics, History, Philosophy, Science, English Language and Literature, dan Seni.

3. Korea university

Kampus yang telah dibuka sejak tahun 1905 ini terletak di wilayah Seongbuk-gu. Kampus yang dulunya bernama Bosung College ini tercatat menduduki peringkat ke 21 berdasarkan survei dari QS World University Ranking. Prospek kelulusannya terjamin.

Di kampus ini hampir semua program studi merupakan unggulan seperti Business, Humanities and Social Sciences, Life Sciences, Engineering, Medicine, Education, Nursing, dan Health Science. Tapi yang paling unggul adalah program studi Business dengan tingkat selektivitas yang mencapai 4.42% dari total peminat yang bisa mencapai lebih dari 6.000 orang.

4. Hanyang university

Hanyang University didirikan tahun 1939 oleh Lyun-Joon Kim. Kampus ini memiliki teori pembelajaran sendiri, yakni mendorong para mahasiswanya untuk berkembang dengan catatan ilmunya tidak untuk dirinya sendiri, melainkan masyarakat.

Saat ini Hanyang University telah menjalin hubungan dengan 39 Negara, dan 596 Universitas, untuk berbagai macam program seperti study abroad, pertukaran pelajar, kerjasama penelitian, hingga pembentukan asosiasi – asosiasi yang berhubungan dengan pendidikan. Sementara dari segi program study dan biayanya, kampus ini memiliki hampir semua bidang favorit dengan rata – rata biaya kuliah yang relatif diatas rata – rata yakni 10.000 – 15.000 US$.

5. Yonsei university

Kampus yang berbasiskan agama kristen ini  menjadi favorit dalam tujuan belajar pemuda – pemudi lokal maupun internasional. Tercatat berdasarkan survei 4ICU, kampus ini rata – rata menerima mahasiswa baru sebanyak 35.000 – 100.000 per tahun.

(Baca juga : Sistem Pendidikan di Korea Selatan)

Dengan pendekatan pengajaran yang berdasarkan agama ini, mahasiswa dituntut untuk selalu memberikan manfaat terhadap sosial. Walaupun berdasarkan agama, tapi lulusan yang dicetak tidak main – main. Sebut saja Kim Hak-Su, seorang sekertaris jenderal PBB. Program yang ditawarkan di kampus ini adalah Antropologi, Arsitektur, English Language and Literature, Science, Art, Politc, Economic, Business, Mathematics, Medicine, dan masih banyak lagi disiplin ilmu lainnya.

>> Lanjut ( 6 - 10 )


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon